Monday, June 14, 2010

Wait, You're A Female?!

Dosen: Galuh Maharani Sukma
Saya : *tunjuk tangan*
Dosen: Ooh, Galuh itu perempuan ya? Saya kira laki-laki
Saya : *cengengesan* Iya Dok, hehehehe
Dosen: Kamu aslinya orang mana Galuh? Orang Bali ya?
Saya : Engga Dok, Jawa *masih cengengesan*
Dosen: Galuh bukan nama Bali ya?
Saya : Jawa Dok *masi belom berenti cengengesan.. ini emang penyakit*
Dosen: *manggut-manggut*

Kejadian kaya begitu bukan cuman sekali-dua kali buat saya. Mulai dari guru TK, SD, SMP, SMA, dosen-dosen saya, sampe orang-orang yang baru kenal sama saya sering banget ngajuin pertanyaan-pertanyaan yang sama. Percakapan diatas itu contoh yang paling fresh, kejadiannya baru minggu lalu waktu saya lagi diskusi kasus bedah.

Sekarang ceritanya saya mau ngasih tau arti plus asal usul dari nama lengkap saya.

Kalo menurut buku nikah, nama saya Galuh Maharani Sukma Bale. Karena harus nurutin adat suami saya si Christian Bale yang diimpor khusus dari Amerika *tiba-tiba ada tomat busuk mendarat tepat di muka*
Ehm. Oke. *ngibarin bendera putih*
Menurut akte kelahiran, nama saya Rr. Galuh Maharani Sukma. Tapi sehari-harinya saya biasa dipanggil Lulu.


RR.
Kalo di kedokteran artinya Respiration Rate alias berapa kali kita napas dalam semenit. Tapi disini Rr. itu artinya Raden Roro, gelar kebangsawanan buat wanita Jawa. Yep, I'm a Javanese royalty, can't you tell it from the graceful way I move? *hoek!*


GALUH
Banyak yang salah persepsi tentang nama depan saya ini. Paling sering sih orang ngiranya Galuh itu nama untuk laki-laki *kalo perempuan harusnya Galih. Bukannya Galih justru nama buat laki-laki ya? Pernah nonton film "Galih dan Ratna" kan?*, dan ngiranya Galuh itu nama dari Bali *itu mah Luh kali, bukan Galuh*.

Tau legenda keong mas? Kalo ga tau saya kasih sinopsisnya dikit. Ceritanya mirip-mirip Cinderella tapi versi Jawa, hehehe.
Jadi di kerajaan Daha (Jawa Timur) ada putri namanya Galuh Candra Kirana, dan dia punya adik tiri namanya Galuh Ajeng dan ibu tiri yang kejam bernama Rosalinda *eh?*. Si Galuh Ajeng dan Tante Rosalinda ini *saya lupa nama ibu tirinya sapa..hehehe* sirik berat sama Galuh Candra Kirana gara-gara doi dilamar sama pangeran Raden Panji Inu Kertapati dari kerajaan Jenggala yang ganteng berat, tajir, tidak sombong, dan rajin menabung.
Alhasil, si Galuh Ajeng ini minta tolong sama penyihir *bukan saya* untuk mengusir Galuh Candra Kirana dari kerajaan. Si nenek sihir inipun mengutuk Galuh Candra Kirana jadi seekor keong mas, dan kutukan itu baru bisa ilang kalo Galuh Candra Kirana ketemu sama tunangannya.
Setelah berbagai rintangan *sori ya disingkat, abis ceritanya panjang bok!*, ujung-ujungnya si Raden Panji Inu Kertapati ini berhasil ketemu sama Galuh Candra Kirana, and they both live happily ever after.

Papa saya sendiri asli Kediri, Jawa Timur. Dan kerajaan Daha itu letaknya gak jauh dari rumahnya di Kediri. Jadi beliau terinspirasi untuk ngasih saya nama dari situ *mungkin beliau tau anaknya ini bakal petakilan mampus, jadi bakal ga cocok banget kalo dikasih nama Putri*.

Dari Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern karya Muhammad Ali, Galuh berarti "perak, ratna, intan, sebagai sebutan putri raja".

Jadiiiii, Galuh itu nama buat perempuan ya ciinnn. Terus itu nama dari Jawa, bukan Bali. Gitu lhooo.


MAHARANI
Saya suka sama nama tengah saya ini, meskipun rada pasaran.
Masih menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern-nya Om Muhammad Ali, arti dari Maharani itu "raja perempuan, permaisuri, atau ratu". Maha-nya sendiri berarti "besar, amat, teramat".


SUKMA
Masih bersumber dari contekan diatas, nama belakang saya berarti "jiwa, nyawa".


Jadi kalo bisa ditarik kesimpulan, nama lengkap saya itu kira-kira artinya "kebesaran hati seorang putri". Sadis ye? Narsis ye? Biarin, namanya juga nama Jawa, pasti narsis lah. Hahahahahah!


LULU
Sebenernya gak aneh-aneh amat lah ya kalo Galuh nama panggilannya jadi Lulu. Daripada manggil "Gal" atau "Luh" kayanya "Lu" lebih enak dikuping dan dilidah, ya nggak?
Tapi nickname saya ini ada ceritanya sendiri.
Saya lahir di Wonosobo, Jawa Tengah. Gak tau dimana Wonosobo? Taun 2006 lalu pernah heboh masuk tivi gara-gara Noordin M Top dikabarkan ketangkep disitu. Masih gak tau juga? Google sono! Gitu aja kok repot.

Dideket Wonosobo, ada satu desa kecil namanya Desa Sigaluh. Dan orang-orang di Wonosobo situ punya kebiasaan kalo manggil/nyebut nama orang, pasti depannya ditambahin "si". Jadi kalo namanya Ani jadi Si Ani, Budi jadi Si Budi, dsb.
Dan keluarga Mama saya yang mayoritas tinggal di Wonosobo mikir ga asik banget kalo nama saya udah bagus-bagus ujung-ujungnya jadi mirip nama desa. Akhirnya mereka memutuskan untuk ngasih saya nama panggilan "Lulu".

Sampe saya lulus SD, masih banyak yang manggil saya "Galuh". Baru setelah masuk SMP saya mulai dipanggil "Lulu" sampe sekarang.

Lucunya banyak yang ngenal saya sebagai "Lulu" tapi ga tau nama asli saya. Jadi pas kesebut nama Galuh Maharani Sukma, they have no idea who that is *ngikik*.

Jadi sekarang jangan bingung-bingung lagi yaaa... Hehehehehe :)


2 comments: