Saturday, July 2, 2011

First Month of Job Experience

Sebelom pengumuman pembagian RS buat pandas keluar, gw selalu berharap dapet di RSAL Mintohardjo. Kenapa? Karena tempatnya strategis cing, ditengah-tengah kota, mau kemana-mana deket, buat ke BSD pun tinggal ngesot masuk tol doang *ngesotnya make mobil tapinya, halah*. Selain itu juga konon pandas disana itu bener-bener sifatnya cuman orientasi doang, jadi sebulan itu kita masih bisa santai-santai lah.

Ngomong-ngomong apa sih pandas itu? Pandas itu singkatan dari "Kepaniteraan Dasar". Setelah lulus jadi S.ked, para dokter muda sitempatkan di RS yang ditunjuk selama sebulan buat latian ngelakuin anamnesis (wawancara pasien), pemeriksaan fisik, sama tindakan-tindakan ke pasien-pasien betulan di RS. Intinya dikasih waktu latian deh sebelum selanjutnya berkecimpung di dunia per coass-an selama 2 tahun.

Buat lulusan yang sekarang ini, RS buat pandas ada 3; RSAL Mintohardjo, RS Budhi Asih, sama RSUD Koja. Kalo dapet pandas di 2 RS yang pertama konon sifatnya cuman orientasi doang. Santai lah pokoknya. Nah, sedangkan di RS yang terakhir disebut, kalo kita dapet pandas atau koas disana, dijamin bakal lebih capek daripada kalo dapet tugas di RS lain. Kegiatannya bejibun dan pasiennya lebih bejibun lagi. Dan khusus buat pandas, di RSUD Koja itu udah dapet jadwal jaga malam seminggu sekali. Rempong lah pokoknya.

Like I've said before, gw selalu berharap biar dapet pandas di RSAL Mintohardjo. Dan begitu pengumuman pandas keluar pertengahan Mei kemaren, terbukti bahwa doa gw selama ini dengan sukses..... tidak terkabul.

Ternyata oh ternyata gw dapet pandas di.... RSUD Koja. Yuk mari.

Setelah tau gw dapet pandas di Koja, hal yang pertama gw pikirkan adalah "mau ngekos atau pulang-balik?". Here's the thing, gw tinggal di BSD yang letaknya nempel sama Jakarta Selatan. Sedangkan Koja letaknya ada di Jakarta Utara, nempel persis sama ujung dunia laut Jawa. RSUD-nya sendiri ada tepat diseberang pelabuhan Tanjung Priuk.



pics from google

Kalo tiap hari gw pulang pergi naik mobil, yang ada gw bangkrut lahir batin. Iya sih kalo lewat tol JORR (yang pintu masuknya deket banget dari rumah gw) perjalanan yang ditempuh bisa kurang dari sejam. Tapi kan tetep aja ya bok gw nyetir dari ujung ke ujung membelah Jakarta dan Tangerang. Udah gitu mobil yang gw pake itu jeep yang cc-nya lumayan besar, kasian bokap kalo gw mintain duit bensin terus tiap 2 hari. Belom lagi di daerah Koja sana isinya kontainer, kontainer dan kontainer (depan pelabuhan gitu loh). Meskipun I'm an experienced driver with a huge jeep, tetep aja kalo lawannya kontainer disana sini gw ga berani. Daripada si baby Connor nanti lecet, hehehe.

Jadi dengan segala pertimbangan yang ada *ciyeh*, gw memutuskan buat ngekos.

Ide ngekos ini tadinya ditentang sama nyokap gw dengan seribu alasan. Alasan yang gak masuk akal kalo menurut gw sih. Wajar aja, I'm an only child dan ini pertama kalinya gw ngekos. Langsung heboh sendirilah dia, make acara uring-uringan segala (what the...). Sampe akhirnya doi diskusi sama bokap, dan mereka memutuskan gw boleh ngekos tapi harus punya temen sekamar.

Sekarang giliran gw yang menentang. Gw bukan tipe orang yang suka bersosialisasi selama 24 jam penuh. I need a time alone for a few hours each day. Kalo dirumah sendiri ada temen atau sodara yang nginep dikamar gw aja kadang-kadang (kalo lagi gak mood) gw suka sebel, apalagi kalo bukan dirumah sendiri? Daripada nanti gw berantem sama roomate gw mending sekamar sendiri toh?

Syukurlah setelah dijelasin tentang hal itu ortu gw mengerti.

5 hari sebelom mulai pandas, gw sama Gea (temen satu kelompok KKD gw dulu, remember her?) pergi ke Koja buat hunting kosan. Dibanding gw bawa mobil sendiri terus nyasar-nyasar gak jelas mendingan naik taksi aja. Ternyata Koja itu gak sejauh yang gw bayangkan, tapi emang daerahnya se-'horor' yang gw bayangkan. Kontainer ngebut dimana-mana bok! Liatnya aja udah mules apalagi gw suruh nyetir sendiri disitu *merinding*.

Ternyata timing gw hunting kosan sangat-sangat telat. Masalahnya seminggu sebelomnya siklus coass yang baru udah keluar. Jadi kosan disekitar RS-nya udah penuh ditempatin sama anak-anak yang coass di Koja. Mau nempatin kamar anak pandas sebelumnya tapi kebanyakan kamar mereka udah di booking sama orang lain. Belom lagi banyak perawat sama bidan yang juga kos dideket RS, makin penuhlah kamar-kamarnya.

Udah gitu ya, gak tau kenapa sikap orang-orang didaerah sana banyak yang 'kurang bersahabat'. Oke, I need your place for me to stay for a month, but that doesn't mean you can be rude. Gw sama Gea yang udah mulai desperate karena gak dapet kosan jadi tambah dongkol jadinya *ngelus dada*.

Beruntungnya gw punya bokap yang ganteng dan baik hati *ahem*. Seminggu sebelom gw survey nyari kosan, beliau udah sibuk browsing plus tanya sana-sini ke temen-temen kantornya tentang daerah Koja. Waktu gw lapor ke beliau kalo kosan yang dideket RS udah penuh semua, salah seorang anak buahnya ngasih gw nomer telfon orang yang punya kos disekitar situ. Langsung gw hubungin orangnya, and luckily, they still have 2 empty rooms! Meluncuuuurrr!!!!

Buat nyampe di (calon) kosan gw itu, gw harus naik angkot sekali. Gak jauh sih tempatnya, kurang lebih 1 km deh dari RS. Tapi masalahnya jalanan disana itu gak ada trotoarnya. Jadi daripada gw diseruduk angkot atau motor yang nyetirnya pada kaya orang barbar dijalan mending gw naek angkot aja lah ya, toh cuman bayar seribu ini, hohohoho.

Singkat cerita gw dan Gea ambil kamar masing-masing di kosan itu. To be honest, I don't like the place at all. Dibandingkan sama kosan-kosan yang ada dideket RS, kosan tempat gw ini termasuk mahal dengan fasilitas yang sangat minim. 1,5 juta cuman dapet kamar ber-AC, kamar mandi dalem (wc jongkok), kasur (kasur ya, bukan tempat tidur), sama lemari kayu. Udah gitu masih ada additional charge buat sampah, laundry kiloan, dan lain-lain. Tiap seminggu sekali ada aja orang yang bikin acara jadinya jalan besar menuju kosan gw ditutup dan gw harus jalan kaki dulu untuk naik angkot ke RS. 

And the worst thing is, disana banyak kelabang dan kecoa yang bisa masuk-masuk kamar lewat lobang pembuangan di kamar mandi *begidik*. There it is, my first rented room. So full of unpleasant experience :). Gw pun akhirnya cuman betah tinggal disana selama 2 minggu pertama, 2 minggu berikutnya gw pulang balik ke BSD menerjang kontainer dan jalan tol sepanjang 60 km. Jebol dah tu kantong bokap biayain bensin gw, huahahahahahah *sungkem sama bokap*

Pemandangan kalo pulang kesorean. Ada yang berani nyetir ditengah-tengah jepitan kontainer kaya begini? :p

Itu tadi tentang kosannya. How about the Pandas itself? Mari kita telaah bersama *pret* :p


The First Impression
Pertama kali masuk ke lobi RSUD Koja (di hari gw hunting kosan sama Gea), I was kinda shocked. The hospital was crowded, and it smells like urine and vomit. But then I met my bestfriend Esther yang lagi pandas disana (and she gave me a little tour around the hospital). Si Esther yang dari dulu lebih gampang stress daripada gw, kayanya hepi-hepi aja tuh kerja di Koja. Dia bilang "Udah tenang aja, semuanya gak seburuk yang elo bayangkan kok, percaya deh!" Hey, if she can do it, I can do it then! :D


The Guardian
Selama pandas ini, kita dibimbing sama 2 orang dokter. Yang pertama namanya Dr Kris. Dokter umum yang sehari-hari jaga di klinik hemodialisa (cuci darah) RSUD Koja. Mari kita sebut saja Dr Kris dengan sebutan "Papi". Kenapa? Karena meskipun masih bujangan, doi ini kebapakan banget :)


Pembimbing yang satu lagi namanya Dr Suzan. Dokter satu ini agak nyentrik, tiap hari selalu make baju dan aksesoris yang matchingnya ga nanggung-nanggung. Kalo hari ini dia mau make warna ungu (which is her favorite color, aiihhh samaan dong kita dok!), berarti dia akan dateng ke rumah sakit dengan baju, celana, eye shadow, bingkai kacamata, anting, kalung, dan stetoskop yang semuanya berwarna... ungu. Orangnya enerjik abis, I saw her working like crazy at the hospital tapi kok kayanya ga cape-cape. 


And she's soooo smart. Konsultan spesialis saluran cerna dan hati gitu loh. Kalo dengerin dia ngasih kuliah atau lagi ngebahas kasus pasien di kelas, gw cuman bisa bengong. Bukan karena gak ngerti, tapi karena kagum karena cara berpikirnya yang sangat sistematis, tepat sasaran, dan teliti. Saking telitinya, kalo lo bikin presentasi case dan ada 1 kata yang salah, dia akan tau.


Oh iya, from now on, mari kita sebut sama Dr Suzan dengan sebutan "Mami". Kenapa Mami? Karena dimana ada Papi, disitu ada Mami *halah*.


Grup pandas gw ini bisa dibilang yang paling 'sial' dibandingkan grup pandas yang masuk sebelum, atau yang masuk sesudah grup gw. Kenapa? Soalnya selama kita tugas disana, Pami (Papi dan Mami) pergi ke Eropa selama 10 hari. Terlantaaaarrrrr!!!!!


The Works, The Peers, And The Pressure
Grup pandas gw jumlahnya 54 orang, dan kita dipecah-pecah jadi kelompok-kelompok kecil yang isinya 7 orang per kelompok buat jaga pagi, dan 2-3 orang per kelompok buat jaga malem.


Here's the thing, hampir seluruh dokter muda Malaysia masuk ke grup pandas gw. And it's not that I'm anti Malaysian or anything, tapi dari jaman kuliah dulu gw emang gak pernah terlalu deket sama mahasiswa-mahasiswa cw dari Malaysia. It's like, most of them don't really want to blend in with us. Lain dengan mahasiswa-mahasiswa cowo yang lebih bisa akrab dengan mahasiswa sini.


Nah, kelompok pagi gw ini, 5 orang isinya anak Malaysia. 3 cowok, 2 cewek. Orang pribuminya cuman gw dan cowok bernama Alse. Tiap hari gw stres, si Alse (yang tadinya jadi satu-satunya harapan gw buat jadi temen ngobrol sehari-hari) sering banget bolos. 3 orang cowo Malaysia sih baik sama gw, cuman demen kabur-kaburan. 2 orang sisanya? Lebih sering nyuekin gw. So I'm practically a single fighter there.


Partner jaga malem gw juga ternyata cw dari Malaysia. Daripada gw stres siang-malem ga ada temen ngobrol, gw memutuskan untuk tukeran partner sama temen gw yang juga berpasangan sama anak Malaysia. Setelah berunding singkat, akhirnya kita berempat sepakat untuk tukeran partner.


Buat tugas jaga pagi, tiap 3 hari sekali tiap kelompok di rolling buat jaga di bangsal, poli paru-paru, poli penyakit dalam, sama IGD. Kerjanya? Basically ngekorin co-ass atau perawat yang lagi visite dokter, ngasi obat ke pasien, meriksa pasien, dan ngelakuin tindakan medis ke pasien. And if you're lucky, they would teach you how to do those medical procedures and exams so you can do it yourself next time. If your not lucky or just plain lazy? Ya nyampah doang deh kerjaan lo di RS, hahahaha.
Kaca raksasa di poli paru. One of my favorite spot! Hehehe  :D
Si teman satu kosan
Jam buat jaga pagi mulai dari jam 8.00 sampe 15.00, sedangkan kalo misalnya hari itu lo dapet giliran jaga malem, berarti lo kudu lanjut lagi kerja sampe jam 4.00 pagi besoknya. Dan ya, jam 8.00-nya lo udah mulai buat jaga pagi lagi di hari itu. Jadi zombie dah, hahaha. Pandas dapet jatah jaga malem 1 minggu 1 kali, jadi selama sebulan disana gw udah mengalami jaga malem 4 kali. Pertama kali jaga malem, paginya langsung berasa hangover. Bawaannya lemes, kepala sakit, badan anget-anget tai ayam asoy, dan begitu nyampe kosan langsung mati suri.
Ngerjain laporan jaga malam di tengah malam
Oiya, tugas jaga malem buat pandas ini cuman buat RSUD Koja, RS laen pandasnya gak disuruh jaga malem. Horeee jackpot! :D


Buat syarat kelulusan, tiap orang harus bikin status penyakit dalam lengkap dari satu pasien. Jadi selama seminggu pertama 54 orang kalang kabut saling berebutan satu sama lain buat nyari 1 pasien rawat inap yang mau dibikin statusnya. 


Lah, di RS kan pasiennya bejibun? Jadi kenapa harus pada berebutan? Masalahnya kita-kita pada nyari pasien yang penyakitnya gak susah-susah amat. Karena makin njelimet penyakit pasien lo, makin ribetlah statusnya, makin banyak salah, resiko gak lulus makin besar. Dan kebanyakan pasien rawat inap disitu kasusnya susyeh-susyeh banget dijee. Berebutan deh jadinya.


Belom cukup disitu aja 'penderitaan' kita, begitu pasien udah dapet, status udah dibikin, status itu kudu diserahin ke co-ass senior buat di revisi. Dan kegiatan perevisian ini gak cuman sekali aja, bisa berkali-kali. Kalo yang ngerevisi status kita berkali-kali itu orang yang sama sih mungkin lebih gampang ya, karena orang itu udah tau kesalahan awal kita. Tapi ini tiap kali revisi pasti orangnya beda lagi. Orang pertama udah bilang salah di sini, sini, sama sini, tapi orang kedua bisa aja bilang kita salahnya disitu, disitu, dan disitu. Beda orang beda pendapat, pandasnya kelimpungan.


Dan begitu Mami-Papi pulang dari Eropa, semua kasus kita masuk ke tahap 'revisi final'. Artinya kita masih dikasih betulin kasus sekali lagi, kalo masi salah juga ya gak lulus. Nah masalahnya, Mami sama Papi juga pendapatnya beda tentang tatacara bikin kasus ini. Status gw sendiri awalnya udah direvisi sama Papi, terus gw betulin lagi sesuai dengan arahan yang dikasih Papi, gw kumpulin lagi, ternyata direvisi lagi tapi sama Mami, dan menurut dia status gw masih ada yang salah. Jadilah gw (dan 6 orang lainnya yang bernasib sama) dipanggil buat menghadap dan disuruh betulin status lagi, padahal itu udah H-3 sebelum pengumuman kelulusan. Gimana gw gak panik setengah mati?


Pas pengumuman kelulusan juga, si Mami sempet bikin gw hampir kena serangan jantung. Dia bilang "Masih ada beberapa orang yang statusnya belum benar sehingga belum bisa dinyatakan lulus". Tapi ternyataaaaaaa.... doi ngerjain kita-kita doang bok! At the end of the announce, si Mami teriak "Kalian semua luluuuusssss!!!!!!" Fiuuuhh! *lap keringet*


Oiya, speaking about Mami, doi ini demen banget sama yang namanya nari. Setiap kamis pagi, setelah kelar kegiatan rutin senam diabetes yang harus diikutin juga sama semua anak Pandas dan co-ass penyakit dalam, Mami akan naik keatas podium senam, dan lanjut jadi instruktur aerobik make lagu Dirty Bit-nya Black Eyed Peas (eh, katanya sekarang udah ganti make lagu On The Floor-nya JLo ya? Hihihi).


Tiap minggu Mami bakal ngajarin 1 jenis tarian ke kita biasanya 2 hari sebelom senam. Jadi begitu kelar aerobik jangan disangka kita boleh langsung bubar. Tapi kita bakal lanjut lagi buat nari waltz/salsa/chacha di lapangan. Serunya lagi, kita semua yang lagi joget-joget ini direkam make handy cam daaaannn.... hasilnya dimasukin ke youtube!


Gwnya gak keliatan di belakang, udah gak usah dicariin gitu *siapa juga yang nyariin elo nyong!*

Anak pandas dansanya di belakang, gerakannya juga cuman ngelangkah standar doang.
Oiya, kalo masih ada yang nyariin gw *plak*, gw ada di sebelah kiri belakang pas videonya dimulai. Girl with ponytail, white-stripped training pants, dan pasangan dansa yang 'bersinar' dibawah matahari :D

I love this dance! Hehehe. Pandasnya (masih) ditaro di bagian paling belakang, dan gerakannya juga (masih) standar, tapi lebih fun daripada gerakan waltz. Posisi gw agak di tengah, persis satu garis sama Mami. Kunciran rambut, celana training, dan partner botak gw masih sama :)
Btw the 'drama' at the beginning of the video is cool! Pada pinter acting rupanya co-ass disana hihihi..

Selesai dansa-dansi, dimulailah sesi foto-foto. Tiap minggu kita harus foto-foto bareng (sama Mami) juga, dengan gaya/formasi yang beda-beda.
Formasi 'agak maksa'
Formasi bintang. Bintangnya agak mengsong tapi ya kayanya? Hehehehe




Begitu kita semua udah keringetan, waktunya buat LANGSUNG GANTI BAJU DAN MULAI KERJAAAA!!! Asem asem dah tu, eheheheeh.


The Nurses And The Patients
Salah satu hal yang paling ga enak buat pandas/co-ass cw adalah... perawatnya judes-judes banget meeenn! Gatau kenapa mereka pasti lebih sinis sama "mbak co-ass" daripada sama "mas co-ass". Selama pandas sih gw alhamdulillah banget gak pernah 'dijahatin' sama perawat. Paling banter mereka cuman ngeliatin gw dari atas kebawah pertama kali gw dateng atau ogah-ogahan ngejawab pertanyaan gw. Tapi yaah, gw gak mempermasalahkan itu. Toh gw orang baru sedangkan mereka udah jauh lebih senior daripada gw. Ibaratnya mereka tuan rumah dan gw tamunya, jadi ya gw emang kudu sopan sama mereka. Just smile, be polite, dan jangan terlalu keliatan jadi penjilat. Pada akhirnya mereka bakal jadi baik kok.


Lagian kalo bukan mereka, siapa lagi yang bakal mau ngajarin gw ngelakuin tindakan-tindakan? Some of them are even better than doctors at doing medical procedures.


Kebanyakan pasien disana datang dari sosek menengah kebawah. But they teach me a lot of lesson when treating them. Mereka bukan cuman sekedar jadi 'objek' gw latian nusuk-nusuk, tapi mereka juga mengajarkan gw cara berkomunikasi sama orang banyak, dan berempati sama orang lain.


Gw yang selama ini cuman denger cerita dari orang, sekarang bisa liat sendiri gimana gak sedikit orang yang cari uang buat makan aja susah apalagi buat bayar biaya RS. Bisa liat sendiri orang yang selama sehat gak menjaga dirinya sendiri dengan baik and end up being critical there. Bisa liat sendiri pengorbanan orang tua/anak/suami/istri waktu ngerawat anggota keluarganya yang lagi sakit. Bisa liat sendiri gimana sedihnya ditinggal sama orang yang disayang.


They makes me more appreciate on everything that I have. They makes me appreciate my life more. And I'm absolutely thankful for that :)


Wonderful Farewell
Setelah 4 minggu yang 'menyenangkan' di RSUD Koja, waktunya buat pesta perpisahan. Perpisahan yang tadinya mau diadain Sabtu 25 Juni 2011, dimajuin jadi hari Kamis. Soalnya Jumat dan Sabtunya Mami sama Papi lagi sibuk berats. So pasti kita semua hepi dong ya perpisahannya dimajuin jadi Kamis... meskipun dua hari berikutnya masih tetep harus masuk kerja, hehehehe.


Mulai dari minggu ke-3 kita semua udah merencanakan mau bikin persembahan apa aja di perpisahan nanti. Akhirnya diputuskan buat perpisahan nanti bakal ada nyanyi-nyanyi, nari India, rampak gendang, dan yang paling kece.... Sm*sh Impersonators! *ngakak sambil jungkir balik*
Aca aca acaaa, ini dia para penari India
Pinky Boyz a.k.a The Sm*sh Impersonator
Selaen senam, pesta perpisahan ini punya dresscode juga ternyata. Kita semua harus make baju warna.... pink! Gw yang sama sekali ga punya baju warna pink (punya sih kaos Superman satu, tapi itu kaos ketatnya ga nanggung-nanggung. Kalo nanti gw disangka Malinda Dee kan repot :p) langsung heboh beli baju warna pink sama nyokap.


Baju boleh pink, tapi gaya harus tetep metal dong ya? Kekekekekek..
Anyway, di acara perpisahan itu gw masuk ke tim rampak gendang. Rampak gendang itu semacem contemporary music gitu yang mengedepankan unsur perkusi. Buat perpisahan kita ngebawain lagu Ekspresi-nya Titi DJ feat Indonesian Idol.


The Rampak Gendang crews
Me and Manohara Munirah, the vocalist

Singkat cerita, perpisahan berjalan lancar. Pandas had fun, the co-ass had fun, and I bet the doctors had fun too. Great performances by us, great laugh, dan yang paling penting great result. Kita semua lulus!
Pandas 2 with Dr Suzan and Dr Kris
Papi dan Mami :)
The Seven Legends (yang satunya ngilang)
Ini dia orang-orang yang sempet disuruh menghadap Mami gara-gara statusnya salah
Lulu, Naman, dan mentor kita, Fitri
Pasangan dansa gw yang super 'cemerlang' heheheh :D
Kelar acara perpisahan, it's dugem time! Ayo semua goyaangg!! :D


Sekarang pandas udah kelar, dan gw kembali menjadi pengangguran buat satu bulan kedepan. Doain aja semoga gw dapet siklus pertama yang 'gak susah-susah amat' bulan depan. Otak masi kosong euy! Hehehehe.

For the mean time, I'll enjoy my summer holiday. I hope you have a beautiful summer as well guys! :)






p.s: sori spasinya acak-acakan. Udah coba gw betulin tapi masih tetep begitu, gak tau kenapa..



7 comments:

  1. koalaa..kamu yg bawa jeep segede gajah aja ngeri, gimana kalo ak dapet di Koja dan boba (bolak-balik)BSD-Koja naik Starlet or Genio yg mini dan pengendara di dalemnya yg juga mini (which is me)??? serasa mau kelindes tiap saat #krisisidentitaspengendara

    ReplyDelete
  2. harus coba koalaa! kalo kamu nyetir disana pasti tensi kamu ga bakal pernah ngedrop lagi. Bakal tinggi teruuss! hahahahahahaha

    uji nyali beneran dah tu x_x

    ReplyDelete
  3. kalo gitu mesti stok kratingdaeng nih, soalnya kalo macet ak bukannya stres malah ngantuk hehehe
    lebih meregang nyawa kan....
    coba ada pohon terbang ya koalaa, kita tinggal meluk nyampe deh ke tempat tujuan :D

    ReplyDelete
  4. anjrooottt horor gilaaa!! hahahahahaha...
    iya tuh asik kalo ada pohon terbang, apalagi pohon eucalyptus ya, bisa sambil ngemil2 cantik gitu kan kita, hihihihihi :)))

    ReplyDelete
  5. waksss susah tuh kayanya...ngemil daun salam aja koalaa, atau kalo mau sehat ngemil daun sirih, bisa nurunin kolesterol loh! hahahahahaha

    anyway sukses yah di semarang! doain ak segera menyusul, and wish me luck dengan tetek bengek soca ini (huaaa)
    salam buat pus2 yg ada dsono yeeee :D

    ReplyDelete
  6. Hmm, gimana kalo kita ngemil daun2 lain yang lebih inovatif? daun telinga atau daun pintu gitu misalnya, ihihihihihi...

    iya koalaa pasti didoain, ayo semangat belajar socanya, insya Allah lulus 1 putaran yaa :D

    kalo ada waktu tengokin kita berdua di semarang doong! :D

    ReplyDelete
  7. Hai boleh tau no hp ato pin bb pak kris....aq sempet dirawat pak kris wktu bpa kris jdi dokter di puskesmas telaga silaba kalimantan selatan,,,, ini aq msukin pin bb sma nope biar bsa lanjut 5E792E48 hp 087788557750, kemaren wktu kiliah d stikes mh tahamrin jaktim sempet telpnan sma paj krisnya di suruh ambil coklat dri austria oleh" hbis platihan,,, tpi pas hp wa rusak jd ga tau lgi no hp pak kris nya brapa,,, tolong yh klo ad no hp ato pin bb bpa hub no d ats yh,,,, thanks,,,, :)

    ReplyDelete