Monday, April 18, 2011

Road To Graduation Day Part 1: The Battle Before

Selama masa pengangguran gw yang amat sangat panjang itu dalam rangka nunggu wisuda (satu bulan coy!), salah satu kerjaan gw adalah blogwalking sana sini. Dan beberapa diantaranya adalah wedding blogs. So far, favorit gw wedding blog punyanya Mbak Leija sama Mbak Frida.

Jadi, setelah membaca berbagai wedding blog yang kece-kece, gw jadi terinspirasi buat bikin... my own GRADUATION BLOG. Hai perjaka-perjaka ganteng, jangan panik gitu ah! Gw belom mau nikah dalam waktu dekat ini kok. Jadi ayo, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya! *dijitak pacar* :D

Ehem. Oke. Biar kesannya gw rajin posting di blog, maka cerita tentang wisuda gw akan dibagi jadi beberapa part. Sekarang gw mau cerita bagian gak enaknya dulu. OSCE. Segala hal yang berhubungan sama OSCE, udah pernah gw tulis secara lengkap disini.

*Rewind ke Februari 2011*

Entah kenapa, persiapan gw buat ujian OSCE ini gak seheboh waktu gw ujian SOCA dulu. Waktu persiapan SOCA, dua minggu sebelom ujian gw bener-bener belajar non stop kaya orang gila. Bahan buat presentasi gak pernah lepas dari tangan. Nonton TV/DVD, baca novel/majalah, jalan-jalan, atau cuci mata di internet hampir gak pernah gw lakukan. Rasanya kalo gak belajar tuh bersalaaahhhh banget. 

Seminggu sebelum SOCA tiap malem kerjaan gw mewek sambil nelfon pacar, abis itu tidur dengan mimpi buruk. Living hell banget lah rasanya waktu itu. Tapi herannya nafsu makan tetep normal-normal aja, hihihihi.

Nah pas persiapan OSCE, 9 hari menjelang 'the big day' aja kok rasanya gw masih santaaaii banget. Belajar sambil ngemil, sambil tidur-tiduran, terus beberapa menit kemudian jadi ngantuk dan bablas tidur beneran (surprisingly tanpa mimpi buruk!). Masih sempet-sempetnya nonton DVD dan nyolong-nyolong buka internet. Kacau lah pokoknya.

Padahal 'taruhan' kalo gak lulus OSCE lebih gede daripada kalo gak lulus SOCA loh. Kalo gak lulus SOCA masih ada kesempatan ngulang ujian sampe 2 kali, dan biasanya sih si SOCA ini pasti dilulusin sama pengujinya meskipun sampe 2 kali ngulang (kecuali kalo elo keterlaluan banget gak ngerti apa-apa waktu presentasi).

Nah kalo gak lulus OSCE, kesempatan ngulang cuman sekali, dan kalo waktu kali kedua ini sampe gagal, artinya batal jadi sarjana dan harus ngulang skill lab satu semester lagi. BATAL JADI SARJANA. Mampus gak lo?

Gw juga gak ngerti kenapa gw bisa males-malesan kayak gitu. Dan menurut pengakuan, banyak temen-temen lain yang mengalami hal yang sama. Kalo menurut teori sotoy kita-kita sih ya, pas SOCA itu bahan kasus yang diberikan sangat luas, dan kita gak tau checklist buat penilaian yang dipegang dosen. Jadi mahasiswa harus melajarin apapun yang bisa mereka pelajarin. And this is our first 'big' examination. Pasti tegangnya lebih berasa.

Kalo OSCE, selama 6 bulan kita udah terlatih ujian tiap seminggu sekali. Dan gak kaya SOCA yang pure teori, OSCE itu ngelatih skill kita ngelakuin tindakan. Kalo kita udah terlatih ngelakuin tindakan itu, otomatis jadi lebih nempel di otak. Jadi kurang lebih udah tau checklist penilaiannya nanti kaya apa.

Dan pas hari-H ujian, ternyata emang rasanya gak setegang yang gw bayangkan sebelomnya. Tegangnya cuman waktu di karantina sebelum masuk ruang ujian aja. Tapi begitu didalem, it feels like our weekly skill lab final exam. Bedanya cuman kita harus ngelakuin tindakan lebih cepat karena ada batas waktu 10 menit. Selain itu, alhamdulillah penguji gw juga baik-baik semua (kecuali satu dosen yang bikin gw gak lulus dengan nilai yang memalukan -- more on this one later), mematahkan mitos kalo ujian hari pertama yang jaga killer semua. Jadi rasanya bener-bener gak tegang.

Melepas stress bareng kelompok gw pasca OSCE. Oh, and my boyfriend made a surprise visit that day, how nice *blush*



Dari 247 peserta OSCE, 111 orang harus ikut ujian ulang. Salah satunya gw.

Di surat keterangannya dibilang gw gak lulus di stase Obgyn dan Farmasi. Kalo di Obgyn, I have to say sebagian besar 'salah' di pengujinya. Bukannya gw gak mau disalahkan terus menyalahkan orang lain, tapi hampir semua orang yang gak lulus di hari pertama jatuhnya pasti di stase itu dengan nilai yang benar-benar ancur. Padahal most of us cuman kurang satu atau dua pertanyaan buat menegakkan diagnosis. Jleb. Asli nyesek banget rasanya.

Kalo buat Farmasi, ah, it's totally my lack-of-math-skill. Salah ngitung dosis obat dong gw.  Gak lulus deh, huhuhu :(

Jadwal ujian ulangan gw 6 hari sejak hari pengumuman kelulusan. Selama 6 hari itu, gw (akhirnya) tobat. Back to SOCA preparation days, gw mulai belajar kaya orang gila. Gak ada yang namanya nyolong-nyolong main internet, baca novel, atau nonton DVD. Pagi siang malem yang ditangan gw cuman checklist, checklist, dan... soal-soal Farmasi (asli paling takut gagal lagi di stase yang satu ini, kemampuan hitung-menghitung gw lebih cupu dari pada anak esempe). Dan (akhirnya), si nightmare dateng juga nemenin gw bobok setiap malem. Living hell part 2!

Peralatan perang
Singkat cerita sampailah hari ujian ulang. I feel much calmer and confident that time. Dan lagi-lagi, alhamdulillah dikasih para penguji yang baiknya kaya malaikat *ciyeeeeee*. Tetep aja sih gw tau kalo nilai-nilai gw gak ada yang sempurna. Pasti tiap stase ada lupa-lupa dikit. Tapi gw yakin kalo Insya Allah nilai-nilai itu bikin gw layak lulus.

Dua hari sebelom pengumuman final, menurut gw itu living hell part 3 (banyak amat neng living hell-nya?.. kasian deehh). Bener-bener gak tenang rasanya. Banyak gosip berseliweran tentang hasil siapa aja yang gak lulus OSCE. Even though I have done my best, I still never know, right? Aaahh, ga enak banget lah pokoknya dua hari itu!

Sampelah di hari pengumuman. Kabarnya pengumumannya bakal keluar jam 9 pagi. Gw udah standby dikampus dari jam 8 tapi ternyataaaaaaa... rapat yudisiumnya belom kelar aja gitu pas udah jam 9. Katanya sih ada beberapa orang yang 'sedang diperdebatkan' sama dosen-dosen dan pengumumannya baru keluar setelah sholat Jumat (iya, waktu itu pengumumannya hari Jumat). Yak, bener-bener bikin tambah senewen.

Kelar sholat Jumat, pengumumannya belom juga keluar. Antara pengen misuh-misuh sama dosen tapi takut kualat karena belom tau hasilnya, akhirnya semua peserta (lagi-lagi) menunggu (dengan wajah pasrah)...

Dua abad kemudian (saking lamanya), datanglah Dr Meiyanti sang ketua skill lab sambil bawa segepok amplop hasil yudisium. Satu persatu peserta dipanggil buat ngambil amplopnya. Pas giliran gw buka amplop, my hand couldn't stop shaking. Dan untuk kedua kalinya surat pengumuman hasil ujian gw sobek saking gemeterannya.

Tapi buat kali kedua ini, tulisan didalem suratnya beda. Kalo dua minggu yang lalu tulisannya gak lulus, sekarang tulisannya gw lulus. Oh my Gooodddddd gw jadi sarjanaaaaa!!!!!!! *langsung mewek ditempat*

Perhatikan bagian yang sobek disebelah kiri. Tegang niyee :D

Tubi kontinyu yaa.. mau bobok duluuu. Mwah! :*

2 comments: