Wednesday, April 20, 2011

Road To Graduation Day Part 3: rempongdotcom

Nama gw teracam bermasalah di ijazah.

Kenapa? Karena nama yang tertulis di ijazah SMA gw gak sama dengan nama yang tertulis di akte kelahiran gw.

Kenapa? Gara-garanya dulu waktu mau lulus SMA, guru gw bilang kalo nama asli gw kepanjangan buat ditulis lengkap di ijazah. Yup, kepanjangan. As simple as that. Jadi, dengan semena-mena nama yang tercantum di ijazah SMA gw cukup "Galuh Maharani Sukma", tanpa ada "Raden Roro" didepannya.

It was never a problem sampe waktu gw ngurus-ngurus buat wisuda minggu kemaren. Setelah nyerahin fotokopi ijazah SMA, fotokopi akte kelahiran, formulir alumni, berlembar-lembar pasfoto dengan berbagai ukuran dan sebagainya, mbak Indah sang pengurus dikjar ngomong ke gw;

"Wah, ini nama di ijazah sama di akte beda ya?" 
"Iya mbak, waktu itu katanya namanya kepanjangan."
"Kalo gitu kamu harus bikin surat pernyataan dari orang tua, tanda tangan diatas materai, isinya kamu harus pilih nama mana yang mau ditulis di ijazah sarjana kamu. Soalnya nanti kalo misalnya ada apa-apa kita punya bukti berupa surat keterangan dari kamu dan orang tua kamu."

Jegerrrr! Gak nyangka kalo masalahnya bakal begini. Gw yang udah seneng karena semua kewajiban sebelom wisuda kaya fitting toga, mesen plakat, bayar ke bank, dll udah kelar semua, langsung jadi bete begitu tau besok harus menerjang macet sepanjang tol Jakarta-Tangerang demi nyerahin selembar surat keterangan yang menyatakan kalo nama gw di ijazah sarjana cukup ditulis "Galuh Maharani Sukma" aja, sesuai dengan nama gw di ijazah SMA.

Well, okay, besoknya pergilah gw ke kampus, diiringi dengan kemacetan yang menguras bensin dan panas matahari yang menguras keringat. Gw serahkan surat keterangan yang gw buat malam sebelumnya ke bagian administrasi kampus.

Masalah selesai sampe disitu? Ternyata belom. Malemnya, saat gw cerita mengenai 'petualangan' gw hari itu lewat telfon ke si Pacar, dia tiba-tiba ngasih komentar;

"Nama kamu di KTP ditulisnya apa?" 
"Rr. Galuh Maharani Sukma." 
 "Terus kalo di SIM?" 
"Sama, Rr. Galuh Maharani Sukma juga." 
"Terus kenapa di ijazah maunya ditulis Galuh Maharani Sukma aja?" 
"Ummm... biar sama kaya di ijazah SMA... hehehehe" 
"Mendingan kamu ganti sesuai kaya akte kelahiran aja deh!" 
"Kenapa gitu?" *mulai sebel* 
"Soalnya kan dokumen-dokumen penting itu mengacunya sama nama di akte kelahiran. Liat aja KTP sama SIM kamu semua namanya berdasarkan akte kan?" 
"Eh... iya..." *mulai mikir* 
"Ganti aja deh, daripada nanti kalo kamu udah lulus dokter terus mau bikin surat ijin praktek nama kamu malah bermasalah lagi. Mendingan ribet sekarang daripada nanti." 
"Jadi besok harus balik ke kampus lagi nih?" 
"Iya, minta namanya sesuai akte aja." 
"Bikin dari awal lagi? Macet-macetan lagi? Panas-panasan lagi?" *dengan nada memelas* 
"IYA!" *galak*
Huhuhuhuuuuuuu... ada benernya juga sih ya si Pacar. Daripada waktu udah jadi dokter nanti ijazah kesarjanaan gw dipertanyakan, mending namanya dibikin sesuai sama dokumen-dokumen negara aja.

Jadiiiiii, besok siangnya pergilah (lagi) gw ke kampus, diiringi dengan kemacetan yang menguras bensin (lagi) dan panas matahari yang menguras keringat (lagi). Buat nyerahin surat keterangan (lagi) yang sudah direvisi. Berasa deja vu. Hahahahaha.

Gapapa lah, yang penting sekarang nama gw udah ga bermasalah lagi. Ya kan? Ya kan? :D

No comments:

Post a Comment